Taman adalah suatu tempat yang sangat indah dan asri. Makanya banyak rumah-rumah yang memiliki taman sendiri. Tetapi jika tidak punya taman pun tidak masalah, karena masih ad ataman kota ataupun taman diddaerah tersebut. Sehingga, kita dapat melepas penat disana.

Akan tetapi jika ingin mempunyai taman sendiri dan ingin membuatnya sendiri, anda harus mengeluarkan tenaga yang ekstra. Namun, jika anda membuat taman sendiri bukan tidak mungkin hasil taman yang anda buat akan seperti pekerja taman professional. Akan tetapi jika kita membuat taman sendiri, kita akan mempunyai rasa kepuasan tersendiri dan lebih mudah untuk mendesain bentuk taman sendiri. 

Maka dari itu kami disini akan merangkum tata cara pembuatan taman sendiri di rumah.

Mencari ide dan tujuan taman

Pembuatan taman sendiri pasti mempunyai ide dan tujuanya masing-masing, tergantung selera dan keinginan pemilik rumah tersebut.

Jika anda ingin taman anda menjadi taman bunga, maka pilihlah bunga atau tanaman yang sesuai dengan selera pemilik dan kondisi rumah, jika ingin lebih bagus dan ingah. Sebaiknya menggunakan tanaman atau bunga musiman, agar saat kita tidak bosan dengan melihat tanaman yang itu-itu saja. 

Tetapi jika ingin dijadikan kebun mini. Maka pilihlah tanaman-tanaman untuk dapur, seperti sayur-sayuran dan bumbu-bumbu dapur. Dengan dibuat kebun, membuat kita menjadi lebih hemat biaya. Karena, kita menggunakan hasil kebun sendiri.

Pemilihan lokasi

Pemilihan lokasi yang akan dijadikan taman adalah salah satu langkah yang sangat penting. Karena, itu juga untuk pertumbuhan tanaman ataupun tumbuhan pada taman tersebut. Setiap jenis tanaman dipastikan membutuhkan sinar matahari untuk pertumbuhanya. Jika sampai tanaman kekurangan sinar matahari, tanaman tersebut menjadi mudah layu dan bahkan sampai mati.

Maka dari itu kita harus melihat kondisi dan system pencahayaan pada lahan yang akan dijadikan taman. Akan tetapi jika memang tidak ada tempat yang ideal untuk paparan sinar matahari. Anda dapat memilih spot yang sering terkena cahaya matahari dan sumber air, dan dipastikan juga akses menuju taman tidak terlalu susah, agar lebih mudah mengaksesnya.

Memperbaiki kualitas tanah pada lokasi yang akan dijadikan taman

Hal ini menjadi ssalah satu hal yang penting, karena tanah menjadi median tanam tumbuhan. Jika tanah yang ada itu kualitasnya tidak sesuai dengan tanaman yang akan di tanam, akan membuat tanaman menjadi mati. 

Maka dari itu kita dapat memperbaikinya dengan pupuk organik dan disebarkan pada tanah tesebut secara merata. Untuk pupuk organic sendii sangat mudah ditemukan, seperti sisa kotoran hewan atau daun atau rumput yang telah melalui proses tersendiri.

Pemilihan tanaman

Pemilihan tanaman sendiri juga tergantung pada ide atau desain yang akan kita guanakan. Pemilihan tanaman juga tidak bisa asal pilih, akan tetapi harus menyesuaikan musim dan iklim kita. Anda dapat meriset terlebih dahulu, apa saja tanaman yang anda dapat gunakan pada musim ini. 

Anda juga dapat menggunakan tanaman yang bertema tropis, karena sesuai dengan iklim Indonesia yaitu tropis. Beberapa tanaman yang dapat tanam pada taman rumah adalah lidah mertua, janda bolong, gelombang cinta, bunga mawar, dan lainya. 

Perawatan taman

Taman harus sering dirawat agar tanaman atau tumbuhan menjadi lebih segar dan lebih indah saat dipandang. Lakukan perawatan taman secara rutin setiap harinya seperti menyiram tanaman, membersihkan area taman, diberi pupuk baru, dan diberikan obat hama agar tanaman yang kita telah rawat dan indah tidak dihinggapi hama yang dapat merusak tamaman tersebut.

Begitulah tata cara pembuatan taman sendiri yang baik dan benar. Anda juga bisa melakukan hal lainya seperti pergantian tanaman, disaat sudah bosan dan ingin mengganti nuansa yang baru. 

Tanaman yang sudah kita tanam pun juga bisa menjadi lading bisnis, dengan melakukan jual beli tanaman. Dengan dimulai dari kita membeli bibitnya terlebih dahulu dan dibesarkan, lalu menjualnya kepada orang lain.